Berita
Teh Mencegah Kanker Payudara
07 Januari 2011 - Artikel Teh Putih
Pada tahun 1950an, satu dari dua puluh wanita Amerika didapati terkena resiko serangan kanker payudara (breast cancer). Data terkini menyebutkan satu dari sembilan wanita mengalami resiko yang serupa. Yang lebih memprihatinkan lagi, 44.300 wanita meninggal tiap tahunnya akibat penyakit ini. Mengapa sangat banyak wanita yang mengidap penyakit mematikan ini? Para peneliti mencari jawaban atas pertanyaan ini dan mengidentifikasi banyak faktor penyebabnya. Para ahli telah meneliti beberapa faktor penyebab penyakit yang mematikan ini. Adapun faktor-faktor penyebab kanker tersebut payudara adalah: Sejarah kanker payudara keluarga, mengalami menstruasi sebelum usia dua belas tahun, mulai menopouse pada usia yang sangat senja, melahirkan anak pertama setelah umur tiga puluh tahun, tidak pernah melahirkan, memiliki berat badan 40% diatas normal.
Penelitian laboratorium yang menghubungankan antara teh dan kanker payudara mengindikasikan bahwa polifenol teh terutama dalam bentuk EGCG (Epigalocatechin Gallate), sukses menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada tikus. Ekstrak teh mampu berinteraksi dengan promotor, hormon, dan faktor pertumbuhan tumor, untuk menutup sel kanker. EGCG juga memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Ketika para peneliti di Nagoya City University Medical School di Nagoya, Jepang, mengujikan antikanker potensial dari antioksidan yang terdapat di alam, mereka menyimpulkan bahwa katekin teh berada pada posisi teratas dalam pencegahan kanker payudara. Tentunya, kesimpulan tersebut telah melewati sebuah kontemplasi yang cukup akurat.
Sekelompok tikus telah diberi senyawa karsinogen yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Secara umum seluruh antioksidan berhasil meningkatkan tingkat kehidupan hewan-hewan ini selama 36 pekan penelitian. Namun demikian, kelompok tikus yang diberi diet teh memiliki tumor yang lebih kecil dan lebih sedikit. Dari data tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa dari semua antioksidan yang diujikan, efek dari katekin teh hadir sebagai senyawa yang paling menguntungkan karena tidak ada hewan yang mati akibat tumor payudara selama penelitian berlangsung. Satu yang bisa ditafsirkan adalah katekin teh menghambat pertumbuhan tumor payudara. Sudahkah Anda minum teh hari ini?
Temukan, teh dengan kandungan antioksidan polifenol dan katekin tertinggi, hanya di Heaven Leaf.
Kirim ke Teman
Cetak halaman ini
Posting komentar
Share on Facebook
